Information And News

resolution-md-mobile

Semakin kesini, teknologi semakin canggih saja. Sebuah perangkat yang biasanya hanya digunakan untuk berkomunikasi, ternyata bisa bermanfaat untuk dunia kedokteran juga.

Ya itulah iPhone. Gadget yang dikembangkan oleh Apple ini ternyata mampu mendiagnosa penyakit stroke. Dengan bantuan aplikasi Resolution MD Mobile yang dikembangkan ilmuwan University of Calgary, iPhone mampu membantu para dokter untuk mendapatkan akses tanda vital dari tubuh penderita. Aplikasi ini sangat penting karena di menit pertama stroke, saat itu menjadi waktu yang sangat tepat untuk menyelamatkan nyawa.

Ketika aplikasi ini diuji, ilmuwan mendapati tingkat akurasi aplikasi ini sangat tinggi. Peneliti mengaku, uji mengungkap, tingkat akurasi aplikasi ini mencapai 94%. Mengingat aplikasi ini sudah mendapat persetujuan regulator Kanada, aplikasi ini sudah digunakan di negara itu.

Mungkin kalian meremehkan akurasi dari aplikasi ini? Jangan salah, sodara-sodara. aplikasi ini telah diuji secara teliti oleh para ilmuwan, dan ternyata tingkat akurasinya sangat tinggi yaitu, 94% AKURAT!

Aplikasi yang diterbitkan di Journal of Medical Internet Research ini juga sudah digunakan di 50.000 rumah sakit di seluruh dunia!

Gambar pindai CT bisa dikirim ke ponsel dan aplikasi membantu menganalisanya. “Aplikasi ini bisa melakukan lebih dari sekadar menganalisa. Aplikasi ini bisa masuk ke dalam dan memutar pindai dalam 3D. Aplikasi ini bisa melakukan segala visualisasi dan analisa maju lainnya untuk diagnosa kritis,” ujar Profesor radiologi Ross Mitchell di University of Calgary.

Berbahagialah bagi pengguna gadget Apple seperti iPhone dan iPad. Bagi kamu yang memiliki smartphone berbasis Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi canggih berbasis server ini.

Semoga perkembangan teknologi ini bisa digunakan untuk menyelamatkan banyak orang, khususnya penderita stroke.

Tinggalkan komentar