Information And News

Sebuah ledakan terjadi di stasiun bawah tanah Minsk, ibukota Belarus, Senin, 11 April 2011. Akibat ledakan ini, dilaporkan 11 orang tewas dan ratusan lainnya terluka. 

Menurut saksi mata, dilansir dari laman Associated Press, ledakan terjadi sesaat setelah para penumpang turun dari kereta di stasiun bawah tanah Oktyabrskaya pada pukul enam sore waktu setempat. Stasiun yang terletak sekitar 100 meter dari istana presiden ini adalah stasiun tersibuk di ibukota pada jam-jam kerja.

Saksi mata, Alexei Kiklevish, mengatakan bahwa atap stasiun rubuh akibat ledakan. Saksi mata lainnya, Igor Tumash, mengatakan bahwa “ada cahaya terang, kemudian ledakan, dan asap tebal, saya terjatuh dan mulai merangkak, saya melihat mayat-mayat bertumpuk-tumpuk.”

Lima jam setelah peristiwa tersebut, Menteri Kesehatan Belarus, Vasily Zharko, mengumumkan bahwa 11 orang tewas dan 126 lainnya terluka, 22 diantaranya dalam keadaan kritis.

Dua jam setelah kejadian, Presiden Alexander Lukashenko mendatangi lokasi, namun tidak menjelaskan siapa yang kemungkinan berada dibalik peristiwa tersebut. Lukashenko hanya mengatakan bahwa ini perbuatan teroris dari luar Belarus.

“Saya tidak menyangkal bahwa aksi ini dilakukan oleh orang dari luar,” ujar Lukashenko.

Ketegangan politik memang tengah terjadi di negara ini, menyusul terpilihnya kembali Lukashenko yang terkenal otoriter sebagai Presiden para Desember tahun lalu. Lukashenko yang telah menjabat sejak 1994 telah memerintah dengan tangan besi dengan menguasai politik, industri dan media.

Lukashenko juga telah lama mendapat tekanan dari negara-negara Barat untuk menghentikan tindakan represi terhadap para tokoh oposisi. Inilah yang membuat Lukashenko kerap menjadi sasaran teror.

Sebelumnya pada Juli 2008, peledakan terjadi pada sebuah acara konser yang dihadiri Lukashenko. Sebanyak 50 orang terluka.

Peledakan kali ini, ujar LUkashenko, juga mempunyai hubungan dengan peledakan konser tersebut. Tidak disebutkan secara jelas oleh pemerintah Belarus siapa dalang pelaku pengeboman tersebut.

Keyword:
Bom Meledak di Belarus 11 April 2011 Di Stasiun bawah tanah Minsk 11 Tewas, bom meledak di belarus, fhoto-fhoto bom meledak di stasiun bawah tanah minsk, bom meledak 11 april 2011 di belarus, photo bom meledak di stasiun bawah tanah minsk, video youtube Bom Meledak di Belarus 11 April 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: